RUANG LINGKUP PUBLIC RELATION (PR)
Setelah kita mempelajari dan mengetahui mengenai pengantar, tujuan serta fungsi dari Public Relation, didalam artikel ini juga akan dibahas mengenai ruang lingkup dari Public Relation, yuk mari baca !
Ruslan (2010:22-23)
menjabarkan adapun Ruang lingkup tugas Public Relations dalam sebuah
organisasi/lembaga antara lain meliputi aktivitas sebagai berikut :
1. Membina
hubungan ke dalam (publik internal)
Yang dimaksud dengan
publik internal adalah publik yang menjadi bagian dari unit/badan/perusahaan
atau organisasi itu sendiri. Seorang PR harus mampu mengidentifikasi atau
mengenali hal-hal yang menimbulkan gambaran negatif di dalam masyarakat,
sebelum kebijakan itu dijalankan oleh organisasi.
2. Membina hubungan ke luar
(publik eksternal)
Yang
dimaksud publik eksternal adalah publik umum (masyarakat). Mengusahakan
tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif terhadap lembaga yang
diwakilnya.
Nah, dari 2 jenis sasaran/public yaitu public
internal dan public eksternali ini, keduanya pula dikenal dengan stakeholder.
Dengan demikian untuk public sasaran ini dapat pula dikategorikan sebagai internal
stakeholder & eksternal stakeholder. Atas dasar hal tersebut, maka
sifat hubungannya pun dapat dibagi ke dalam 2 jenis hubungan yang disebut
dengan Internal Relations dan Eksternal Relations.
Berikut mengenai Internal Public Relation dan
Eksternal Public Relation ya teman-teman !
Internal Public Relation.
Public internal adalah public yang menjadi
bagian dari unit/badan/perusahaan atau organisasi itu sendiri. Public internal
ini disesuaikan dengan bentuk daripada organisasi yang bersangkutan apakan
berbentuk perusahaan jasa/dagang, instansi pemerintah atau lembaga Pendidikan.
Contoh dari Publik Internal dalam dunia bisnis
ialah :
1. Publik pegawai (employee public)
2. Publik manajer (manager public)
3. Publik pemegang saham (stockholder)
4.
Publik buruh (labour
public)
Tujuan dibinanya hubungan baik dengan pihak internal ialah :
Pertama, untuk menciptakan hubungan baik yang harmonis dalam
rangka memperoleh kesediaan kerjasama diantara orang-orang yang menjadi bagian
dari organisasi serta memungkinkan orang-orang tersebut untuk ikut
berpartisipasi dan berprestasi lebih tinggi dengan medapatkan kepuasan dari
hasilnya.
Kedua, mencapai karyawan yang mempunyai kegairahan
kerja/semangat kerja.
Public Internal ini memiliki beberapa bentuk ya teman-teman,
yaitu :
Employee relations, yaitu kegitan PR
untuk memelihara hubungan khusus antara manajemen dengan para karyawan.
Bentuknya formal karena employee merupakan potensi yang sangat berarti
dalam organisasi karena dianggap dapat menentukan sukses tidaknya suatu
organisasi.
Manager relations, yaitu kegiatan PR
untuk memelihara hubungan baik dengan para manajer di lingkungan perusahaan.
Labour relations, yaitu kegiatan PR
dalam rangka memelihara hubungan antara pimpinan dengan serikat buruh di dalam
perusahaan dan turut menyelesaikan masalah-masalah yang timbul antara keduanya.
Stockholder relations, yaitu kegiatan PR
dalam rangka memelihara hubungan dengan para pemegang saham
Eksternal Public Relation
Publik eksternal suatu perusahaan
diantaranya meliputi : Opinion leader, LSM, Publik pers, Publik pemerintahan,
Publik masyarakat sekitar , Publik pemasok, Publik pelanggan, Publik bidang
pendidikan dan Umum Atas dasar jenis sasaran/publik yang bermacam-macam
tersebut, maka sifat hubungannya di sebut sebagai “Exsternal Public Relations”
Tujuan dibinanya hubungan dengan eksternal adalah :
Pertama, untuk memperoleh dan meningkatkan
citra yang baik dari publik eksternal terhadap organisasi serta untuk
mendapatkan kepercayaan dan penilaian yang positif dari publiknya dan bila
perlu untuk memperbaiki citra tersebut.
Kedua, untuk mengeratkan dengan orang-orang
diluar organisasi hingga terbentuk opini publik yang favorable terhadap
organisasi tersebut.
Sama halnya dengan
Public Internal, Public Eksternal juga mempunyai berbagai bentuk seperti
:
Press Relations, press disini sangat
memilikin peranan yang sangat penting dalam kemajuan dan perkembangan
perusahaan yang menyangkut pembertitaan positif maupun negatif.
Government relations, disini pemerintah adalah penentu kebijakan, yang mungkin saja
kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tersebut terkadang menguntungkan
perusahaan, bahkan bisa juga sebaliknya, merugikan. Karenanya, perusahaan
haruslah menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah.
Community relations, community relation ini dapat dilakukan dengan memberikan bea
siswa bagi yang memerlukan khususnya bagi masyarakat sekeliling perusahaan,
mendirikan sekolah-sekolah dalam rangka menggalakkan Pendidikan, dan mendirikan
asrama bagi yang membutuhkan.
Consumer relations, consumer relation ini dapat dilakukan dengan melakukan
publisitas dan memberikan informasi melalui periklanan
Educational relations, educational relation ini bentuk kegiatannya dapat dilakukan
melalui pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi tapi tidak mampu dan juga
dengan menjadi orang tua asuh bagi siswa yang tidak mampu, dsb.
0 Komentar
ucapan dapat menunjukkan kepribadian,saya menuggu komentar anda yang positif