Pengertian Microsoft Excel

Adanya berbagai aplikasi akan mempermudah kehidupan manusia dan akan menjadi terobosan baru dalam dunia teknologi. Hal ini akan menjadikan perkembangan teknologi akan semakin canggih dan akan terus dikembangkan berbagai versi-versi terbaru dari masing-masing teknologi dan aplikasi. Dalam dunia perkantoran bahkan pendidikan, banyak jenis aplikasi yang sama dan digunakan dalam berbagai aspek. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan akan pengolahan data, biasanya akan membutuhkan aplikasi pengolah data. Dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian microsoft excel beserta fungsinya.


  Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia, selain itu Microsoft Excel telah didistribusikan secara multi-platform. Microsoft Excel tidak hanya tersedia dalam platform Windows, Microsoft Excel juga tersedia di MacOS, Android dan Apple.








Microsoft Excel secara fundamental menggunakan spreadsheet untuk manajemen data serta melakukan fungsi-fungsi Excel yang lebih dikenal dengan formula Excel. Excel merupakan program spreadsheet elektronik. Spreadsheet adalah kumpulan dari Sel yang terdiri atas baris dan kolom tempat anda memasukkan angka pada Microsoft Excel. Jumlah Sel Microsoft Excel 2016 terdiri dari 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom atau 17.179.869.184 Sel.
Fungsi Microsoft Excel


Microsoft Excel digunakan di berbagai bidang pekerjaan, baik usaha kecil maupun perusahaan berskala internasional. Adapun beberapa fungsi dan kegunaan Microsoft Excel adalah sebagai berikut.
  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data serta grafik.
  • Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan.
  • Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dll.
  • Melakukan analisis dan riset harga.
  • Melakukan perhitungan statistika.
  • Membantu berbagai sektor bisnis untuk mempermudah melakukan laporan keuangan.
  • Membuat daftar nilai sekolah maupun universitas.
  • Konversi mata uang.
  • Membuat grafik persamaan matematika.
  • Membuat program Excel dengan Visual Basic.
  • Melakukan penelitian dengan berbagai metode penelitian.
  • Sarana pembelajaran komputer dan logika.
  • Dan lain-lain.