BEAJAR  EFEKTIF DAN EFISIEN




belajar efektif adalah cara belajar yang teratur, tuntas, secara berkesinambungan dan produktif yakni menghasilkan kepandaian, pengetahuan, keterampilan, pembbentukan sikap mental dan intlektual yang baik, serta bertanggung jawab.

Belajar adalah kewajiban bagi kita semua tentunya terutama bagi para siswa hingga mahasiswa. Pelajar yang baik adalah pelajar yang mampu menghasilkan perubahan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilannya. LaLu bagaimana caranya belajar  efisien  dan efektif ? berikut adalah beberapa cara belajar secara efisien dan efektif.
 Cobalah belajar dengan santai,tapi jangan belajar santai yaa. santai yang kita maksud adalah pada saat kalian belajar buatlah Suasana belajar yang nyaman diantaranya kalian bisa melakukan bebrapa cara berikut:

1.      Doa
Sebelum belajar yAng paling utama yang harus dilakukan adalah berdoa. Tujuannya adalah supaya kita bisa lebih fokus dan apa yang kita pelajari dapat lebih muda masuk dan mudah dicerna otak.

2.      Buat Suasana Belajar Yang Nyaman
Ada beberapa cara untuk membuat kita nyaman pada saat belajar diantaranya; anda bisa belajar ditaman,atau di ruangan ber-AC atau bagi yang suka mendengar musik nih, kalian bisa belajar sambil mendengar musik

3.      Belajar Bersama
dengan belajar besama otak kita bisa lebih rileks karena suasana belajar yang santai, dan setiap hal yang belum kita ketahui akan lebih mudah diselesaikan dengan bekerja sama.

4.      Belajar Dengan Praktik
cara belajar ini juga sangat efektiff karena cara belajar ini membuat kita tidak bosan saat belajar.misalnya nih kalian belajar kata benda dalam bahasa inggris kalian bisa mengamati benda-benda yang ada di sekitar kalian

5.      Belajar Rutin Namun Tidak Lama
dengan rutin belajar kita bisa lebih muda mengingat pelajaran kita tapi jangan terlalu lama ,karena hal ini akan memicu otak kita menjadi blank. Misalnya pagi 30 menit, siang 30 menit, sore 30 menit, dan malam 1 jam.

6.      Dan Cobalah Mengerti Sebelum Kalian Menghapal.
Hal yang paling sering kita lakukukan adalah menghapal ketika kita akan menghadapi ujian.tidak salah sih tapi lebih efektif lagi jika kita mengerti teorinya maka dengan sendirinya akan kita ingat pada saat ujian.